Jumat, 25 November 2016

[Review] Dilemmalogical

0



Judul : Dilemmalogical 
Penulis : Ullan Pralihanta
Penerbit : Grasindo
Tahun terbit : Mei - 2013
Kategori : Romance
No. ISBN : 9786022510802



"Katanya kamu cinta aku? kalau cinta.. buktikan donk .. ! "
"Iya aku cinta kamu, Lantas , aku bisa lakukan apa untuk membuktikan cintaku kepadamu, Bama ?" tannya Nayla -kekasih Bama sekaligus target baru untuk di cumbu bercampur bingung."
"Kita bercinta, Nay ! "
"What ? Bagaimana dengan Sena? kamu masih mencintainya bukan?"
"Ah .. lupakan saja perempuan penuh keragu-raguan itu! Bagiku love is sex ! Berani mengatakan cinta, berani pula membuktikannya dengan cara apapun juga. "
Nayla merayu sembari mengilir-milin rambutnya untuk menatap keputusan.
"Gimana? Berani?" tantang Bama, pura-pura cuek tapisesungguhnya dia sangat berharap bisa menggarap "Sawah" basah Nayla yang masih terbungkus.
"Oke... demi cinta akan kulakukan segalanya untukmu."

*******

Keperawanan. Tema ini lah yang coba dipakai oleh penulis. Lewat tokoh-tokohnya penulis mencoba untuk memaparkan apa arti keperawaan bagi dirinya sendiri.
Zaman sekarang mungkin keperawanan bukan menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan. Sudah menjadi rahasia umum juga budaya Barat yang menganut seks bebas sudah menular di Indonesia yang katanya menganut paham budaya Timur. Banyak artikel-artikel yang memuat tulisan bahwa anak sekolah pun hampir 50% sudah tidak perawan. Bukan hal yang membanggakan. Apa lagi selain dilarang oleh agama, seks bebas lebih banyak kerugian daripada untungnya. Jadi, sebenarnya apa yang dicari ketika seseorang begitu mudah melepas keperawanannya.
Saya pribadi menganut paham yang menentang seks bebas. Karena jujur saya takut dosa, agama melarang jadi saya tidak punya alasan kuat melanggarnya. Saya tidak peduli dibilang kuno atau apa pun ketika agama yang melarang apa boleh buat. Seandainya saya tidak menuruti buat apa saya memeluk agama yang saya nyakini sekarang.
Lewat tokoh Sena saya dikenalkan dengan seorang perempuan berusia 25 tahun yang memiliki pacar bernama Bama. Bama selalu memaksa Sena  untuk berhubungan badan demi membuktikan cinta Sena pada Bama. Berkali-kali Sena dibujuk godaan itu selalu digagalkan dengan berbagai macam alasan. Sena akhirnya masih bisa menjaga keperawanannya. Namun, Sena tidak tahan ketika pacarnya marah dan memilih untuk mendiamkan Sena. Sena yang tidak mau hubungannya berakhir dengan Bama menyetujui untuk benar-benar memberikan keperawanannya pada Bama. Desakan teman-temannya di kantor pun semakin menguatkan tekad Sena. Ya, malam ini Sena berencana untuk mengunjungi Bama. Tekadnya sudah bulat. Namun, keraguan lagi-lagi menghampiri Sena, sebelum berangkat Sena dicegat oleh ayahnya dan diberi petuah-petuah yang mengharuskan dirinya menjaga kehormatan dari lelaki mana pun yang belum sah menjadi suaminya. Akankah Sena menuruti petuah ayahnya? Atau pembuktian cinta Sena yang lebih dia pilih?
Sena adalah gadis bodoh yang sangat mencintai Bama. Itulah yang dapat saya simpulkan. Sena berkali-kali dibutakan cintanya pada Bama. Sifat keras kepalanyalah yang membuat kedua orangtua Sena khawatir. Demu menjaga anaknya Sena akhirnya dijodohkan tentu saja Sena menolak keras.
Labilnya sifat Sena ini sebenarnya membuat saya capek. Sena ini juga selain labil dia itu plinplan. Sedikit sadar kalau seks bebas itu bahaya eh detik berikutnya menggebu-gebu untuk menawarkan keperawannya pada Bama. Untung penulis sebagai Tuhan Sena masih sayang, ada saja gangguan ketika Sena sudah sampai di tempat Bama. Yah, walau akhirnya di akhir keputusan yang diambil Sena membuat saya lega. Dan kepengin banget buat getok kepala batu Sena dan berkata dari dulu, kali.
Yah, banyak sekali peran moral yang coba penulis bagi dalam cerita Sena. Keteguhan hati sangat diperlukan. Menjaga keperawanan itu sangat penting. Hanya pada lelaki yang sah saja yang pantas kita berikan. Selain alasan agama seks bebas itu memang lebih banyak merugikan. Khususnya kerugian yang nanti akan dirasakan oleh perempuan.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com