Sabtu, 21 Januari 2017

[Master Post] Choose an Author Reading Challenge 2017

1



https://widybookie.blogspot.co.id/2017/01/choose-author-reading-challenge.html

Beberapa waktu lalu saya sempat meng-goggling untuk mencari siapa saja blogger yang menjadi host Reading Challeng. Dan, saya menemukan RC yang sangat menarik sekali yang digagas oleh Widy : Choose an Author Reading Challeng. 

Awalnya saya menyangka RC ini seperti yang pernah sudah dibuat oleh Mbak Ren, ternyata ada perbedaan besar. Saya diharuskan untuk membaca buku-buku terbitan satu penulis baru yang karyanya sama sekali belum dibaca. Jujur, saya agak kesulitan untuk mencari penulis yang cukup produktif yang karyanya sama sekali belum saya baca. Karena saya suka terbawa arus dan rasa penasaran, hampir tulisan penulis terkenal sudah saya baca. Seandainya RC ini ada di tahun lalu, kemungkinan saya memilih tulisan Indah Hanaco. 

Setelah mencari-cari, saya menumakan penulis lokal produktif yang karnya sama sekali belum saya baca. Dan, saya memutuskan untuk menjawab tantangan ini dengan memilih tulisan Ayu Utami sebagai acuannya. Level yang saya pilih Tramadol: 10-12. Alasan sepele karena di iJak hanya ada 12 buku tulisan Ayu Utami.

Semoga saja saya bisa menyelasaikan tantangan ini setahun ke depan. Aamiin.

Rules :

1. Choose an Author Reading Challenge berlangsung selama satu tahun. Mulai dari 07 Januari 2017 sampai 07 Januari 2018.
Kenapa 07 Januari? Karena yang punya blog suka sama angka 7 (penting).
Pendaftaran peserta dibuka dari 07 Januari 2017 sampai 30 November 2017.

2. Peserta harus mempunyai media untuk mengepos review buku. Boleh blog, Goodreads, atau Facebook. Untuk yang menggunakan blog, wajib memasang banner CARC2017 di sidebar dan menautkannya ke link postingan ini. 
Side-bar ya teman-teman, bukan bottom-bar.

bannernya

Untuk yang menggunakan Goodreads, wajib menambahkanku sebagai teman (klik di sini) dan membuat shelf khusus dengan nama CARC 2017. Untuk yang menggunakan Facebook, pastikan postingmu bisa dibaca publik.

3. Master Post bersifat opsional. Namun jika kamu membuatnya, jangan lupa pasang bannernya dan tautkan ke link postingan ini.

4. Mekanisme reading challenge adalah sebagai berikut:

- Pilih satu orang penulis yang sama sekali belum pernah kamu baca bukunya, tapi kamu tertarik untuk membaca karya-karyanya.

- Penulis boleh berasal dari negara mana pun.

- Kamu boleh membaca bukunya yang berupa fiksi, non fiksi, diterbitkan oleh penerbit mana pun, ditulis sendiri atau duet bersama penulis lain. Buku yang ditulis oleh penulis tersebut bersama dua, tiga, atau seribu penulis lain tidak dihitung.

- Baca buku-bukunya, dan hitung berapa buku penulis tersebut yang berhasil kamu baca hingga akhir tahun nanti.

Tentukan levelmu:
Parasetamol: membaca 1-3 buku
Ibuprofen: 4-6
Diklofenak: 7-9
Tramadol: 10-12 
Morfin: 13 atau lebih
(kenapa levelnya pakai nama obat? karena yang punya blog kuliah farmasi.)
(kenapa batas atasnya 13? biar horor aja.)

Siapa tahu ada yang mau nanya:
Kalau di tengah jalan ternyata penulisnya bukan my cup of tea, aku boleh ganti penulis nggak?
Boleh, tapi jumlah buku yang dihitung adalah buku milik penulis yang baru ya.
Aku sih nggak level kalau cuma satu penulis. Boleh ambil dua, tiga atau lima puluh sembilan penulis?
Boleh. Tapi banyak buku yang dihitung cuma dari penulis yang bukunya paling banyak kamu baca ya.

5. Peserta harus membuat review dari semua buku yang dibaca untuk CARC ini. Bisa di blog, Goodreads, atau note Facebook. Pastikan reviewmu disetting publik ya.

6. Wrap Up Post bersifat wajib, sebagai bukti bahwa kamu nggak bohong soal jumlah buku yang kamu baca. Aku lelah dibohongi, kawan, karena dibohongi itu melukai perasaan.
Peserta diharapkan untuk mengepos wrap up tanggal 30 Desember 2017-07 Januari 2018. Host akan dengan bahagia mengingatkan para peserta kok, tenang saja.

Di dalam wrap up ini, selain buku apa saja yang sudah kamu baca untuk reading challenge ini (jangan lupa sertakan link ke review buku tersebut), aku juga berharap peserta akan menuliskan kesan-kesan apa yang ia dapatkan setelah membaca karya penulis tersebut, apa saja ciri khas sang penulis, plus dan minusnya, dan hal-hal lain yang menurut peserta bisa disampaikan. Karena tujuan utamaku membuat project  ini adalah agar reviewer mengupas tuntas seorang penulis, biar orang-orang mulai mengenal penulis-penulis tersebut, dan penulis yang dibahas bisa makin dikenal publik.

7. Setiap post yang peserta buat untuk CARC 2017 ini (baik itu master post, review, ataupun wrap up) harap dishare di twitter dengan hashtag #CARC2017 dan mention @widywenny.
Peserta juga diharapkan memasukkan link reviewnya ke linky yang ada di bawah posting ini.

Btw, ini bukan syarat mutlak kok. Aku bikin ketentuan ini biar aku bisa ikut baca setiap post kalian aja. Btw lagi, itu akun twitterku juga boleh difollow lho #shamelesspromotion.
Oh ya, blogku juga jangan lupa difollow, biar bisa follow up soal CARC 2017 ini #beingmoreshameless.

8. Buku yang dibaca boleh digabung dengan RC lain.

9. Hadiah!
Buat peserta dengan jumlah capaian buku terbanyak akan mendapatkan hadiah istimewa dariku.
Dan ada hadiah misterius untuk peserta dengan kriteria yang masih misterius. Cekidot aja ya.

1 komentar:

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com