Selasa, 09 Juli 2013

'The Chronicles of Audy : 4R'

3




Judul : The Chronicles of Audy : 4R
Pengarang : Orizuka
Penerbit : Penerbit Haru
Halaman : 320 Halaman
Tahun Terbit : Cetakan I, Juli 2013
Kategori : Fiksi, Comedy-Romance, Remaja
Harga : Rp. 53.000,-
ISBN : 978-602-7742-21-5
Bisa dibeli di bukupediacom


Puas, puas dan puas!!

Ya ampun beneran deh saya puas banget baca buku ini, mungkin sepanjang tahun 2013 sampai bulan Juli sekarang buku ini adalah buku terbaik yang pernah ku baca! O v O

Sejujurnya banyak sekali hal klise dan pasaran, kejadian-kejadian dalam buku ini hanya saja Orizuka pintar sekali merangkai kata-katanya menjadi sangat luar biasa—bagiku. Memang karya dari penulis belum banyak yang ku baca tapi penulis tidak pernah mengecewakan saya. Terakhir kali merasa sangat puas ketika membaca ‘Our Story’. Buku ini sukses membuatku semakin jatuh cinta [lagi] kepada tulisan penulis dan menjadikan yang paling ku suka gaya bahasa yang dipakai penulis.

Sesuai sinopsis/blurp di belakang sampul buku bercerita tentang Audy yang nasibnya sungguh malang yang mempunyai orang tua yang kalau tidak bisa dibilang bodoh adalah lugu, selalu percaya dengan investasi-investasi yang malah berujung dalam tangisan Ibu Audy. Semua itu juga berimbas pada uang jatah kamar kos dan kuliah Audy. Audy yang merasa bahwa gelar sarjananya terancam gagal memulai mencari pekerjaan di koran dan malah terjebak menjadi babysitter dan pembantu di rumah 4R. Di mulailah lah hari-hari Audy yang indah dan sengsara! LoL

Kalau saya udah jatuh cinta kepada tokoh utamanya saya yakin sekali bisa mencintai keseluruhan ceritanya apapun endingnya. Ya karena jelas saja dong tokoh utama kan poin yang sangat penting :D

Awalnya aku tidak mengerti tentang arti 4R padahal di blurp jelas banget dasar aku tidak peka ehehehe. Yup! Sesuai sinopsisnya 4R adalah Regan, Romeo, Rex dan Rafael. Seperti yang Audy bilang walau tampangnya cakep-cakep tapi mereka berempat mempunyai pribadi yang aneh-aneh. Regan yang tegas tapi perhitungan, Romeo yang ganteng tapi jarang mandi, Rex ababil berkelakuan seperti robot korslet, dan si kecil Rafael—yang berumur 4,5th—bayi gede dengan otak jenius! LOL

Seiring berjalannya waktu Audy mulai mengenal lebih dalam keluarga 4R yang sudah ditinggal mati oleh kedua orang tuanya selama 2tahun. Audy juga mulai memahami penyebab yang menjadikan karakter 4R super duper aneh dan nyebelin. Dengan ditambah alur yang maju membuat cerita Audy ini semakin menarik ditambah dengan sarkasme tiap tokoh ketika berbicara kepada Audy.

Semakin lama perubahan terlihat ketika ada Audy disisi ke 4R. Inilah yang menarik dalam buku ini, memang seperti yang kubilang diawal temanya super klise dan pasaran tapi interaksi yang terbangun antara Audy dan 4R terjalin secara natural dan rapih. Walaupun 4R selalu sinis kepada Audy perlahan tapi pasti mereka mulai menerima keberadaan Audy dan menganggapnya sama penting satu sama lain.

Kalau ditanya siapa yang aku suka dari ke 4R, tanpa mikir lagi aku pilih Rex! Duh saya suka sekali sama ababil yang satu ini, walau suka berkata sinis sama Audy tapi dia ini tipe-tipe badboy yang ga bisa dibenci! Omongannya sinis tapi baik dalam caranya sendiri. Dan sudah dipastikan dong saya ingin Audy berakhir dengan Rex walau beda umurnya lumayan jauh! LOL.

Selain Rex, aku suka sekali Audy sama bayi yang harus dijaganya. Iya, Rafael walau sejenius apapun dan Audy lebih bodoh dari Rafael tetap saja dia anak kecil yang mempunyai sifat manis. Apalagi ketika insiden PAUD. Seru! Disini beneran Audy jadi babysitter xD

Awalnya sempet sangsi juga sih kenapa harus temanya Audy tinggal dengan 4R ya mau bagaimana lagi Audy perempuan, sedangkan 4R cowok-cowok sehat walau aneh. Cuman gara-gara sarkasme 4R hilang sudah pesona Audy malah digantikan pesona pembantunya xD

Untuk cover aku suka seperti biasanya selalu unyu-unyu dari penerbit Haru. Cuman kenapa warna covernya harus coklat yak? Aku malah jadi keingetan sampul bukuku pas zaman SD. Maksudku ini kan buku tentang remaja ya cerahan dikit gitu warna covernya. Ya memang walau dipadukan dengan warna pink sih tapi tetap saja terlalu suram. Untuk urusan typo, wih mulus banget ga ada typo satupun—kalau memang mata saya masih awas x). Tapi jelas aja dong yang jadi proofreader-nya kan Mas Ijul yang biasa dikenal polisi typo x). 

Dan untuk pertama kalinya punya buku ada tanda tangannya Orizuka fufufufufufu! Yang menarik juga dari buku ini adalah pinggiran bukunya berwarna pink! Kukira dalemnya juga warna pink x) Dan membuatku kepikiran kalau kertasnya uda menguning bakalan jadi warna apa yak? x)

Pokoknya buku ini wajib banget buat koleksi, dibaca buat kamu yang ingin cerita remaja tapi tidak membosankan. Untuk ending buku 1 aku suka sekali dengan ditutup kotak surat rumah keluarga 4R, saya ikutan terharu seperti Audy :’)

Menurut Penulisnya buku ini bakalan dibuat menjadi 2 buku dan masi bakal berubah. We’ll see! Ga sabar nunggu kelanjutan cerita keluara 4R dan kisah (cinta) Audy x))))))

 

 

 

Untuk Rex sang robot korslet aku kasih nilai 5 :)

3 komentar:

  1. udah baca dan benar2 buku menarik untuk dibaca. kekeluargaan yg bagus :)

    BalasHapus

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com