Sabtu, 02 Februari 2013

'Oppa & I'

0

Judul : Oppa & I 
Pengarang : Lia Indra Andriana dan Orizuka
Penerbit : Penerbit Haru
Halaman : 156 Halaman
Tahun Terbit : Cetakan II, Desember 2011
Kategori : Fiksi, Romance, Family Drama
Harga : Rp. 28.000,-
ISBN : 978-602-98325-3-2
Bisa dibeli di bukupediacom

‘Oppa...’ Entah sejak kapan Jae In sangat membenci kata tersebut. Mungkin sejak lima tahun yang lalu semenjak dia terpisah dengan seseorang yang harusnya selalu ada untuknya. Jae Kwon yang tidak mengerti perubahan yang terjadi pada Jae In berusaha berpikir positif dan selalu berada di sisi Jae In dengan sifatnya yang ceria. Jae Kwon ingin menebus masa-masa perpisahannya selama perceraian orang tua mereka. Sedangkan Jae In yang dulu dikenal manis oleh Jae Kwon berubah menjadi pendiam dan penyendiri. Dan membenci Jae Kwon yang dan tidak mau memanggilnya ‘Oppa’.


Duluuu banget, ya walau ga terlalu dulu-dulu banget baru tahun 2011 kemaren x))) aku pernah membaca cerita novel ini secara bersambung di website KoreanUpdate. Iya memang waktu itu dibagikan secara gratis sampai tamat. Melihat begitu banyak antusias pembaca cerita online ini akhirnya dibukukan atau memang uda niatan dari awal ya?
Aku jadi bertanya-tanya gimana dulu aku begitu suka sama cerita online ini. Aku ini tipe seseorang yang suka tiduran ketika maenan HP, termasuk baca-baca pas browsing. Dan hanya di HP kalau buku ga pernah baca tiduran karena pasti aku pusing paling banter ya tengkurap. Dan aku paling suka baca cerita-cerita online di website karena alasannya remeh banget bisa baca sambil tiduran xD. Dan sampailah kabar bahwa bakalan ada cerita online yang dibuat duo penulis terkenal tapi aku pribadi belum pernah baca satupun karya mereka berdua—saat itu x). Aku yang kebetulan memang menyukai K-Drama tanpa ragu-ragu ikutan baca dong dan ikut deg-degan menunggu tiap chapternya di posting. Nah karena ada dua penulis tiap minggu cerita ditulis secara bergantian.
Aku baca tentu saja sampai tamat. Dan sekarang baru saja aku menamatkan kembali cerita Oppa & I ini setelah hampir 2tahun lamanya. Dan apa yang kurasakan? Tidak ada perbedaan dengan 2 tahun yang lalu aku masih menikmati tiap chapter dalam tiap cerita. Secara garis besar dan memang tidak ada perbedaan cerita online dan versi bukunya. Hanya ada tambahan bonus komik dan ilustrasi di awal tiap chapter yang sumpah lucu banget! Unyu dan berbakat sekali yang gambar! Mba Angelina—sang ilustrator—kalau bikin komik aku bakalan jadi fans nomor 1 xD. Ilustrasi yang ada menjadi daya tarik tersendiri bagi novel ini. Super unyu! Sayang tidak bisa nampilin fotonya karena satu hal :')
Dari awal memang duo Penulis sudah jelas memaparkan bahwa novel ini bercerita tentang keluarga. All about family. Idenya juga membumi sekali dengan keadaan anak-anak yang mengalami perpecahan diantara keluarganya setelah perceraian. Dimana salah satu anak yang mengikuti orang tua yang berekonomi pas-pasan mengalami hidup sulit. Itulah yang terjadi pada Jae In. Dia merasa Jae Kwon mengkhianatinya dengan tidak mengalami kesusahaan seperti yang dialami Jae In. Dan tidak adanya simpati dari Jae Kwon dengan samasekali tidak pernah menghubungi Jae In—yang nanti diakhir akan dijelaskan dengan konyolnya sifat salah satu orang tua mereka. Padahal tentu saja baik Jae In maupun Jae Kwon tidak ada yang salah. Masing-masing hanya dipermainkan oleh nasib. Itulah yang coba duo Penulis paparkan dengan seiring berjalannya waktu dan kebersamaan mereka kembali bahwa cinta keluarga itu abadi. Ga akan pernah berubah selamanya. Apalagi Jae In dan Jae Kwon saudara kembar yang mempunyai ikatan lebih kuat antara satu sama lain.
Perubahan-perubahan Jae In terhadap sekitar memupuskan kebencian yang ada didalam dirinya. Memang pada dasarnya Jae In mempunyai sifat peduli pada sekitar dan merasa tersakiti ketika keterpeduliannya dikhianati. Perubahan Jae In yang tanpa paksaan dan mengalir apa adanya inilah yang membuatku membaca novel ini terasa nyaman dan pas. Tidak ada paksaan dari pihak manapun untuk merubah kebencian Jae In dan hanya butuh sifat ceria Jae Kwon. Jae In yang galak dan sinis cocok sekali bersandin
g dengan Jae Kwon yang ceria, positif dan kekanak-kanakan. Salah satu sifat positif Jae Kwon tentang Jae In yang seinis kepadanya, entah kenapa bikin aku ngakak! ‘Bajaj dan Kopaja pasti membuat wajah Jae In kusam’ x)))))))
Kalau hanya bercerita tentang keluarga melulu pasti bikin aku bosen dong. Untunglah ada Seung Won sang aktor teater yang berhasil memunculkan sifat manis Jae In dan untuk bagian romens mereka berdua ini kurang banget makanya rasanya ingin demo sama penulisnya xD. Untunglah seri kedua dari novel ini sudah beredar dan gosipnya seri Oppa & I akan menjadi trilogi! Yey!!!
Tampilan novel ini secara keseluruhan unyu-unyu dan ketipisan novel ini malah menjadi pas dengan jalan cerita yang memang lebih fokus dengan hubungan Jae In dan Jae Kwon. Tidak kurang dan tidak lebih. Pas. Iya tentang duo kembar memang pas tapi aku tetap merasa kurang karena sedikit adegan percintaan yang manis xD.
Novel ini wajib dikoleksi bagi penyuka K-Drama yang lebih mengusut tentang keluarga, walau temanya simpel dan tidak ada konflik secara mendalam dan remaja banget cocok dibaca siapa saja. Wajib koleksi pokonya da. Aku juga jadi pengen punya sendiri.
Untuk Jae In yang sinis tapi manis aku kasi nilai 4 :)

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com