Sabtu, 08 Juni 2019

[Review] Today

2




Judul : Today
Penulis : Nureesh Vhalega
Tahun Terbit : 2019
Bisa dibaca secara gratis di Storial.co


"Suicide doesn't take away the pain. It just passess it on to someone else." (Kim Kirkup)

Today adalah cerita pertama dari penulis yang kubaca. Prolog yang diberikan penulis cukup mengejutkan dengan adanya peristiwa bunuh diri yang dilihat langsung oleh sang tokoh utama, Thalita. Beruntung Lita tidak mengalami trauma berkepanjangan. Maksudku siapapun akan selalu terbayang-bayang peristiwa mengerikan itu. Terlebih yang terenggut adalah jiwa orang terkasih. Diusianya yang masih muda Lita harus kehilangan ayahnya, dan dengan cara menyakitkan. 
Setelah kematian ayahnya, Lita tinggal bersama tantenya. Kupikir ada apa dengan ibu Lita, ternyata sang ibu lebih memilih hidup bahagia dengan suami barunya tanpa mempedulikan Lita. Lita lelah berdebat dengan ibunya dan memutuskan tinggal bersama tantenya.
Walau hidup Lita tidak sama lagi setelah peristiwa itu Lita beruntung bisa mempunyai pacar seperti Atras. Atras selalu ada untuknya dan sangat mencintai Lita. Sayangnya takdir kematian tidak mau meninggalkan Lita. Lagi-lagi Lita harus mengalami kembali kehilangan besar dalam hidupnya. Kehilangan kembali  orang-orang terkasih dan juga kehilangan rasa percaya Atras pada dirinya.
Penulis menggunakan pov pertama dalam menceritakan cerita Today. Saya sempat heran mengapa Lita digambarkan begitu ceria dan seakan-akan melupakan peristiwa mengerikan yang pernah terjadi dalam hidupnya. Adalah Atras yang selama ini memberi Lita support begitu besar. Tepatnya, Atras dan keluarganya. Atras selalu ada dalam hidup Lita dan kehangatan keluarga Atras yang menerima dirinya pun menjadikan hidup Lita begitu penuh kebahagiaan. Walau keluarganya sendiri hancur setelah kematian ayahnya.

”Aku sayang kamu,” ucapnya lirih, penuh keyakinan. Tak ada celah untukku meragukannya. “Tetap sayang biarpun kamu bikin aku frustasi dan nyaris gila.”’ (Atras – bab 5)

Lita yang begitu bergantung pada Atras membuat saya ketar-ketir bagaimana seandainya Lita putus dengan Atras. Saya merasa ikatan mereka begitu dalam dan sempurna. Atras sangat menyayangi Lita, begitu pun sebaliknya. Saya pun kepalang jatuh cinta pada Atras. Tapi selama saya membaca bab demi bab, firasatku selalu tidak enak karena entah mengapa saya menduga bakal ada sesuatu yang besar yang akan terjadi pada hubungan Lita dan Atras.
Di awal saya takut hubungan mereka hancur karena ada orang ke-3. Pesona Irdan memang tidak bisa disepelekan. Pasalnya setiap hari Lita selalu bertemu dengan bosnya ini di tempat kerja. Hingga peristiwa naas itu terjadi. Kecelakan yang merenggut orang-orang terkasih Atras dan Lita. Sejak kecelakaan itu terjadi dunia Atras dan Lita berubah total. Atras yang masih dalam suasana duka merasa marah pada Lita yang berbohong padanya. Atras yang terlalu marah memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka.
Ini sama sekali tidak seperti yang saya bayangkan. Saya paham Atras yang marah pada Lita setelah kehilangan yang begitu menyakitkan itu. Tapi di sisi lain apa perlu Atras bersikap sekeras itu? Padahal Atras yang paling tahu serapuh apa hati Lita. Namun, kehilangan yang begitu besar itu juga melemahkan hati Atras. Di dunia ini tidak akan pernah ada yang menyukai peristiwa kehilangan. Begitu pula Atras.
Di sini kepiawaian penulis jempolan sekali karena mengaduk-aduk emosi pembacanya. Dari awal bisa dikatakan cerita Lita agak membosankan kerena diceritakan dengan lambat dan hanya menceritakan kehidupan sehari-hari Lita yang suka sekali dengan boyband dari Korea Selatan. Begitu bom yang sudah disiapkan penulis dijatuhkan, hati ini terasa disayat-sayat memikirkan bagaimana nasib Lita, bagaimana nasib Atras, bagaimana akhir kisah meraka berdua. Ini benaran membuat saya nyesek banget bacanya.
Saya mendapat kabar bahwa cerita Today akan segera dibukukan. Makanya cerita di storial pun tidak akan diunggah hingga selesai. Saya ikut bahagia dengan dibukukan cerita Lita ini. Tapi, saya bohong kalau hati ini tidak merana. Bagaimana tidak, saya penasaran sekali dengan kelanjutan kisah Lita. Akan bagaimana nasib Lita setelah peristiwa-peristiwa itu terjadi. Ketika, Atras yang sangat disayanginya tidak ada di sampingnya. Siapa yang akan menambal luka-luka Lita. Yang saya takutkan adalah trauma Lita datang kembali. Apakah saat itu Lita akan bertahan? Akankah Lita lebih kuat dari ayahnya. Ini membuat saya sangat frustasi.

“Mungkin benar, aku seegois ibuku. Aku tidak mau melepas Atras walaupun tahu bersamaku akan menyakitinya, membuatnya mengingat kebohonganku … (Thalita – Bab 16)

Sampai saat ini baru bab 16 yang ada di Storial. Kepalaku sudah penuh dengan praduga-praduga menyakitkan tentang Lita, yang omong-omong bikin saya jengkel karena kepikiran terus. Semoga penulis berbaik hati dengan memberikan akhir bahagia untuk Lita. Saya sendiri sudah pasrah tidak berharap banyak pada Atras. Karena sungguh, ujian cinta Lita dan Atras ini begitu berat. Seandainya saya berada di posisi Lita saya pun akan mundur teratur. Saya terlalu pengecut untuk memperbaiki sesuatu yang sudah rusak. Bagaimana pun akhirnya nanti, harapan saya hanyalah kerelaan diri ini menerima keputusan penulis. Saya tidak mau berekspektasi apa pun. Semoga, dan semoga. Bacaan keren yang bikin frustasi pembaca. :’)

2 komentar:

  1. Terima kasih atas ulasannya! Aku happy banget ada yang sampai frustrasi mikirin Lita �� anyway, versi lengkap (belum revisi ya) masih bisa dibaca di wattpad Grasindo. Link-nya: bit.ly/TodayGrasindo. Silakan baca ending kisah Lita-Atras ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi infonya, Kak! Sudah kubaca juga epilog kisah Lita. Aku merasa lega karena mendapat akhir yang puas di hati! xD

      Hapus

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com