Sabtu, 31 Agustus 2013

'4 Ways to Get a Wife'

0

Judul : 4 Ways to Get a Wife
Pengarang : Hyun Go Wun
Penerjemah : Putu Pramania Adnyana
Penerbit : Penerbit Haru
Halaman : 356 Halaman
Tahun Terbit : Cetakan I, Desember 2012
Kategori : Romance, Fiksi, Dewasa
Harga : Rp. 57.000,-
ISBN : 978-602-7742-04-8


Sebenarnya tema dari novel Korea ini sangat pasaran dan lumayan lagi booming juga yaitu tentang kawin kontrak. Sedari awal halaman ku baca terjemahan dari penerbit Haru menurutku kaku dan kurang enak dibaca. Jalaninan ceritanya pun kurang rapi dan banyak hal-hal yang membuat saya bingung.
Cerita berawal dari rasa kesal Shin Hee kepada kekasihnya Geon Hyeong yang tidak merasa apa-apa ketika Shin Hee meminta putus.  Karena itulah sebagai balas dendam Shin Hee memasang iklan yang berisi bahwa Geon Hyeong mencari istri untuk dijadikan sebagai kawin kontrak. Keluarga Jung Won yg tidak sengaja mengetahui iklan tersebut dari koran pagi yang dibaca ketika mereka sarapan mengolok-olok ide konyol sang pembuat iklan kawin kontrak. Namun nasib berkata lain ketika adik perempuan Jung Won ikut mendaftar sebagai peserta kawin kontrak. Dengan rasa marah yang begitu besar Jung Won langsung mendatangi kantor Geon Hyeong. Jung Won yang dilanda amarah langsung melabrak Geon Hyeong tanpa ampun. Geon Hyeong yang merasa Jung Won salah paham malah menganggap Jung Won sebagai gadis yang menarik. Dan Geon Hyeong malah memilih Jung Won sebagai istri kontraknya dari ribuan wanita yang sudah mendaftar. 
Ciri khas novel Korea yang selama ini saya baca adalah kuatnya unsur komedi ditiap ceritanya. Seromantis apapun temanya para penulis novel Korea tidak pernah lupa menyematkan hal-hal konyol. Sama halnya hubungan Jung Won dan Geon Hyeong selalu saja ada hal-hal aneh dan konyol yg terjadi. Walau begitu sebenarnya menurut saya pribadi kemistri mereka berdua dalam percintaan kurang terasa kuat tapi ya kalau urusan cek cok mereka berdua jagonya. Novel ini bisa dibilang novel dengan tema biasa-biasa saja ditambah dengan terjemahan yang kaku namun entah kenapa saya malah jatuh cinta dengan novel ini dan sangat menikmati isi cerita yang ada. Perubahan perasaan Jung Won dan Geon Hyeong walau kurang terasa malah terlihat menarik bagi saya. Jung Won yang keras dan selalu berpedoman pada peraturan-peraturan keluarganya sangat pas ketika disandingkan dengan Geon Hyeong yg bisa dibilang sudah kebal dengan yang namanya hubungan antar keluarga. Masa lalu Geon Hyeong lah yang membentuk sifat sinis Geon Hyeong tentang keluarga. Dan masa lalu Geon Hyeong juga lah yang membuat hubungan Jung Won dan Geon Hyeong hampir retak. Sampai akhir saya sangat menikmati membaca novel ini yang jadi masalah hanya kekontransan judul dengan isi ceritanya. Didalam cerita sama sekali tidak diceritakan apa saja 4 cara mendapatkan istri. Sampai akhirpun saya gagal paham dengan judul tersebut. Kemudian sebenarnya tidak terlalu jelas hanya saja ada bagian dari novel ini yang lebih pantas untuk usia dewasa jadi lebih baik novel ini diberi label novel dewasa. :)

Saya beri nilai 4 untuk kenikmatan membaca sampai akhir :)

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com