Selasa, 22 Januari 2013

'Buku Baru Ilana Tan'

9

408495_10151455739834923_1441832496_n


UPDATE

Ok, dengan berat hati aku mengaku bahwa sampai detik ini, di tahun 2015 saya belum sempat memiliki buku Ilana Tan. Padahal saya mengaku sebagai penggemar tapi kok ya bukunya belum punya juga. Duh, aselinya pengin punya banget. Hanya saja butuh menyakinkan diri sendiri berkali-kali karena keraguan hati saya ini. Bukan novel tapi buku. Itu poin pentingnya. Membuat saya mikir lama sampai sudah 2 tahun terlewati setelah buku ini lahir :'(
Poto di bawah adalah beberapa isi buku Season To Remember yang saya ambil dari FP Ilana Tan, setidaknya mengobati rasa bersalah saya :') Dan akhirnya setelah penantian lama, akhirnya novel Ilana Tan akan terbit! Yey! More info di sini ya :)




------------------------------------------
Yup, ini adalah buku terbaru Ilana Tan, aku tidak mengatakan ini novel karena memang buku ini bukan berisi novel seperti karya Ilana Tan terdahulu. Buku ini hanya berisi kumpulan kutipan-kutipan dari novel empat musim Ilana Tan terdahulu. Aku pribadi lumayan kecewa, tentu saja karena aku mengharapkan novel bukan hanya kutipan-kutipan. Walau tentu saja harus kuakui pastinya kutipan-kutipan dari Ilana Tan manis-manis tapi entahlah agak malas untukku mengoleksi buku ini. Walaupun aku penasaran dengan isi buku ini. Yah, semoga ada seseorang yang baik hati mau memberi gratisan buatku #tetepjiwagratisan x))
Berikut ini yang Ilana Tan rasakan tentang buku terbarunya. Suka banget kata-kata Ilana Tan sederhana tapi manis :). Oia buku ini juga sangat tipis tapi harganya mahal banget. Karena nama besar Ilana Tan bukunya sampai mahal banget walau tipis :'(. Aku curiga bukunya memakai halaman warna tapi ga ada keterangan yang tertera, yah semoga saja. Mba Hetih yang jadi editor Ilana Tan juga bilang untuk novel masih ditulis Ilana Tan yang entah kapan akan selesai dan terbit. Aku masih setia menanti ko xD.

Pembaca yang baik,
Ketika pertama kali aku menulis Summer in Seoul, gagasan untuk membuat tetralogi sama sekali tidak terpikirkan olehku. Summer in Seoul, yang pada awalnya memiliki judul yang sama sekali berbeda, kutulis untuk diikutsertakan dalam lomba. Karena aku tidak menang (hiks...), aku membongkar dan merapikan kembali cerita itu, mencari judul yang lebih menarik (terus terang saja, judul awalnya sangat mengerikan), lalu mengirimkannya kepada Gramedia Pustaka Utama. Hasilnya? Summer in Seoul pun diterbitkan. Hore! Setelah itu, aku mulai memikirkan buku berikut. Dan Tara Dupont, yang pertama kali muncul di Summer in Seoul sebagai tokoh sampingan, terlihat seperti karakter yang menarik. Dia terkesan seperti seseorang yang punya banyak cerita. Jadi aku pun menghampirinya dan membiarkannya bercerita.  Ide untuk membuat tetralogi muncul setelah Autumn in Paris selesai ditulis. Saat itu aku berpikir, ”Karena sudah ada musim panas dan musim gugur, sebaiknya aku melanjutkan dengan musim dingin dan musim semi. Baiklah, sekarang apa yang harus kutulis untuk cerita musim dingin?” Langsung saja, Ishida Keiko melangkah maju dan bertanya apakah aku bersedia menulis cerita tentang dirinya. Aku tidak mungkin menolak kesempatan itu. Di tengah-tengah penulisan Winter in Tokyo, aku sadar bahwa setelah ini aku harus menelusuri kehidupan kembaran Keiko, Naomi, yang hanya pernah diungkit-ungkit namun tidak pernah terlihat. Banyaknya kemungkinan alur cerita yang bisa diberikan Naomi yang misterius menegaskan keputusanku untuk mengikutinya dan menulis kisah hidupnya. Masing-masing penulis memiliki cara tersendiri dalam menulis. Aku pun begitu. Aku tidak membuat rencana atau kerangka ketika menulis. Satu cerita hanya diawali satu ide sederhana, lalu aku menunggu ide itu berkembang dengan sendirinya. Aku mengamati ke mana alur cerita itu mengalir dan menulis mengikuti aliran itu. Aku tidak pernah menyuruh tokoh-tokohku melakukan tindakan tertentu atau mengucapkan kata-kata tertentu. Aku hanya menempatkan mereka dalam suatu keadaan, lalu melihat apa yang mereka lakukan dan apa yang akan mereka katakan. Karena ini kisah mereka, bukan kisahku. Gramedia Pustaka Utama-lah yang pertama kali memberikan ide untuk membuat journal ini, dan dengan journal ingin aku ingin mengajak kalian mengenang kembali setiap kisah dalam keempat musim itu. Kuharap kalian bisa menemukan kutipan kesukaan kalian dalam journal ini. Silakan menambahkan kesan-kesan kalian sendiri di setiap halamannya.

Akhir kata, aku ingin berterima kasih atas dukungan kalian selama ini. Kuharap kalian menikmati kisah setiap musimnya sebesar aku menikmati menulis setiap patah kata dalam setiap kisahnya.


~ Ilana Tan ~
Akan terbit 14 Februari 2013:
SEASONS TO REMEMBER
A Journal from 4 Seasons Tetralogy

.... Buku kutipan pilihan Ilana Tan dari Tetralogi 4 Musim ....
* Ukuran : 13.5 x 20 cm
* Tebal : 160 halaman
* Harga : Rp. 50.000,-
* Cover : Softcover
* ISBN : 978-979-22-9142-1



Sumber disini


9 komentar:

  1. iya..
    agak kecewa soalx ini cm berisi kutipan2 dr novel ilana tan yg musim,saia sdh bc yg ini,,dlemx berwarna jg ada gambarx,,tapi saia heran kenapa penulis berbakat kayak ilana tan cm nulis novel sedikit ych? :)

    BalasHapus
  2. Aku sih berharap ilana tan secepatnya membuat novel lg,,udah gak sabar deh baca novel dr novelis andalanku ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaan!!!
      Tiap bc novelnya ilana tan pas g pernah bosen > w <

      Hapus
  3. buku-buku ilana tan ada dalam versi digital loh :)

    http://gramediana.com/en/search/search_result?utf8=%E2%9C%93&query=ilana+tan&search_type=general&button=

    BalasHapus
  4. kapan novel ilana tan terbit lagi? dah nggak sabar mau baca novelnya lagi :)

    BalasHapus
  5. kapan novel ilana tan terbit lagi? dah nggak sabar mau bacanya nih :)

    BalasHapus
  6. Oo.. Seasons to Remember itu hanya berisi kutipan aja.. yah :(
    Tapi gak apa" deh.. semua karyanya aku tetap suka..
    Novel selanjutnya aku tunggu :)

    BalasHapus
  7. pkok novel selanjutx aq tunggu klo bs happy ending ea???

    BalasHapus
  8. waah, reviewnya kerenn... bukunya masih ada ga? aku mau jual lagi mbaa...:)
    klu ada hubungi aku ya, klik aja nih toko buku online

    BalasHapus

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com