Jumat, 31 Agustus 2012

'The Notting Hill Mystery'

0

Dsc00027

Judul : The Notting Hill Mystery
Pengarang : Charles Felix
Penerjemah : Lulu Fitri Rahman
Tahun Terbit : Cetakan I, Juli 2012
Penerbit : Visi Media Pustaka
Jumlah Halaman : 252 hal
Kategori : Fiksi, Detektif
Harga : Rp.  42.000,- 
ISBN : 979-065-122-8
Bisa dibeli di bukupediacom

Kantor Penyelidik Swasta, Clement’s Inn, 17 Januari 1858
Tuan-tuan,

Dalam menyampaikan penyelidikan kasus pembunuhan Madame R** yang telah Anda tugaskan, saya meminta maaf atas tertundanya instruksi yang Anda berikan bulan November lalu. Penundaan ini bukan dikarenakan kurangnya perhatian saya dalam menyelidiki kasus ini, akan tetapi adanya perkembangan tak terduga dan rumitnya penyelidikan kasus ini.
Penyelidikan yang saya lakukan terkait dengan polis asuransi berharga ribuan poundsterling yang diklaim oleh Baron R setelah kematian istrinya—Madame R**. Dewan Anda merasa terdapat kejanggalan dengan asuransi ini dan meliputi kematian mendadak dari Madame R** yang diakibatkan asam kuat yang dihirupnya serta adanya asuransi dalam jumlah besar menambah kejanggalan atas kematiannya. Untuk itulah saya fokuskan penyelidikan terhadap fakta-fakta hubungan Baron R dan Madame R** sebelum dan sesudah menikah. Dan kasus ini menggiring saya kepada kasus kematian Mrs. Anderton yang kelihatannya tidak berhubungan sama sekali. Untuk itulah saya serahkan fakta-fakta terkait mengenai kematian Madame R**. Harap segala fakta yang saya berikan memberikan penjelasan dan keputusan yang akan Anda buat nanti.
                                                                                    Hormat saya,
                                                                                    RALPH HENDERSON


Awalnya saya dilanda kebingungan ketika membaca bagian awal cerita dibuku ini. Bagaimana tidak, setelah baca kilat sinopsis yang ada setahu saya, sang detektif disewa untuk menyelidiki kasus kematian mendadak seorang wanita bernama Madame R** yang dari kematiannya itu sang suami Baron R akan mendapatkan asuransi sebesar ribuan poundsterling. Sesederhana itu dari sinopsis belakang buku.
Hal yang membuatku bingung adalah Bab I yang menceritakan tentang surat-menyurat antar kerabat Lady Boleton. Aku yang belum sadar duduk persoalannya menjadi pusing dan bertanya-tanya ada hubungan apa antara Lady Boleton dan Madame R**? Tetapi memang setelah membaca lebih jauh aku baru sadar dan mulai mengetahui apa sebenarnya yang diinginkan oleh penulis.
Diceritakan bahwa Lady Boleton mempunyai dua anak kembar. Ketika kecil salah satu anak kembar dari Lady Boleton diculik oleh kaum gipsi dan mereka dipertemukan dalam situasi yang menguntungkan Baron R dan situasi ini dimanfaatkan dengan sangat baik sekali oleh Baron R untuk kepentingannya sendiri.
Memang menurutku buku ini sangat sederhana dan tidak terlalu membutuhkan banyak berpikir ketika kita membacanya. Penulis menyampaikan cerita seakan-seakan kita lah yang menyewa sang detektif. Dari awal kita sudah disuguhkan fakta-fakta yang terkait yaitu kumpulan surat pengakuan saksi, buku harian korban, denah TKP. Penjabaran kasus yang sangat mendetail membuatku takjub dan merasa wow ternyata aku bisa menyelesaikan kasus kematian Madame R** ini :D. Dan sampai akhir pun penulis menyerahkan sepenuhnya kepada pembaca. Dan jujur aku sangat menikmati membaca novel ini. Maklum saja aku tidak pernah membaca buku dengan tema detektif dulu banget waktu jamannya SMP nyoba-nyoba baca buku Sherlock Holmes gegara pengalamanku hanya berkutat dengan komik Conan maupun Kindaichi dan baru beberapa halaman sudah aku tinggalkan. Sama sekali belum pernah untuk mencoba genre misteri detektif ini lagi. Dan aku sangat berterima kasih sekali kepada gila_buku dan penerbit visimedia yang telah memberikan buku ini secara gratis dan membuatku sadar ternyata asyik juga baca novel detektif hehe. Dan saya juga tak lupa meminta maaf akan keterlambatan—sangat—dari resensiku ini.
Bagian yang aneh menurutku adalah cover buku ini. Aku kurang paham dengan adanya gambar perempuan. Apakah yang apa maksudnya itu perempuan dengan pakaian kaum gipsi? Itulah kesan yang kutangkap dari cover yang padahal secuil sekali penggambaran kaum gipsi walau mungkin maksudnya penentu dari kasus ini adalah kaum gispsi. Tapi kenapa cove
rnya tidak menggambarkan judulnya saja yang memang berhubungan dengan cerita? Itu saran saya sih. Untuk terjemahan dan typo rasa-rasanya mulus sekali tanpa cacat. Aku suka dengan terjemahannya.
Ada beberapa hal yang tidak aku mengerti memang, khususnya istilah kedokteran dalam buku ini hehehe. Tapi yang paling kusuka adalah buku ini mengangkat tentang hipnosis. Dan lewat buku ini membuat saya merenung bahwa efek hipnotis begitu kuat dan dahsyat. Setelah mencoba mengetahui fakta tentang hipnotis di google dan lewat wikipedia ternyata istilah hipnosis pertama kali dicetuskan oleh James Braid pada tahun 1843 bahkan semenjak ratusan tahun sebelum masehi pun ilmu hipnotis sudah digunakan oleh manusia. Lewat buku ini pun saya jadi ingat obrolan dengan teman saya yang kebetulan waktu itu membuat skripsi tentang HypnoBirth. Teman saya bilang efek hipnotis bagus sekali ketika kita akan melahirkan dimana kita akan disugesti untuk tidak merasa sakit maupun ketegangan ketika melahirkan. Tetapi temanku juga bilang orang yang terbiasa dihipnotis pikirannya cepet kosong dan cepet pula untuk terhipnotis lagi. Inilah mungkin dampak mengerikan pengobatan dengan menggunakan hipnosis. Tapi entah ini sudah terbukti atau belum karena obrolan ini hanya sambil lalu ketika aku menanyakan judul skripsi temanku.
Nah sebenarnya saya tidak melantur kemana-kemana dengan menceritakan tentang hipnotis ini, karena kunci dari kasus buku ini ada pada kata hipnotis.
Buku ini layak untuk dibaca bagi para pencinta novel detektif maupun yang ingin mencoba genre ini karena buku ini adalah novel detektif pertama di dunia sangat cocok sekali kan bagi aku yang memang baru pertama kali membaca genre buku ini :)
Untuk rapuhnya Mr. and Mrs. Anderton aku kasih nilai 4 :)

Tentang Penulis
Charles Felix adalah nama pena dari Charles Warren Adams. Misteri nama asli Charles Felix ini belum lama terkuak. Setelah hampir 150 tahun ‘bersembunyi’ dalam arus sejarah, memuplikasikan hasil penelitian panjangnya tentang The Notting Hill Mystery dan penulisnya yang misterius. Charles Felix adalah sosok penulis yang cerdas dan brilian. Ini terlihat dari pengetahuannya yang luar biasa tentang dunia medis, kimia, dan hipnotis.

Lainnya

Setelah mencoba gugling dan mencoba mencari cover asli dari novel ini, WOW!!! Cover aslinya jauuuuuuuhhhhh lebih keren!! Maaf menurutku harusnya penerbit lebih memilih cover ini ketimbang membuat cover baru. Karena dengan menggunakan cover aslinya yang sederhana dan klasik lebih menjual dan juga terasa sekali unsur misterinya. Memang banyak yang bilang 'Don't judge a book by a cover' tapi aslinya banyak sekali orang yang, sayangnya menilai bagusnya buku dari covernya.
Berikut tampilan cover buku aslinya :)

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com