Minggu, 22 Januari 2012

'Melepas Ranting Hati'

0

250
Judul : Melepas Ranting Hati dan cerita lainnya
Pengarang : Sanie B Kuncoro
Tahun Terbit : 2011
Penerbit : Gradien Mediatama
Jumlah Halaman : 184 hal
Kategori : Romance, Fiction, Kumcer
Harga : Rp. 31.000,-

Kumcer ke-2 yang aku baca tahun ini. Berikut pendapatku tentang kedua belas cerpen yang kubaca acak dan ku-review acak :D
1.   Melepas Ranting Hati
Kurang banyak! Aduh ini kaya ga niat bikin cerita, aku butuh kelanjutannya tentang nasib Lare, Karin, dan Giri :)
2.   Seikat Edelweis
Gugi dan Bea yang masing-masing punya pendapat tersendiri dengan istilah naik gunung, dan akhirnya didapat penyelesaian yang manis dengan seikat Edelweis :)
3.   Kerlip Bintang Malam
Benci sekali dengan Renjani yang masi terikat dengan lelaki di masa lalu. Kemudian bangga karena memang lelaki yang tak pantas diharapkan dan Renjani tegas dalam mengambil keputusan :)
4.   Di Ambang Hari Valentin
Geld, lelaki yang setia menunggu sang belahan hati dan akhirnya memang dipertemukan kembali saat menjelang velentine tiba :)
5.   Belahan Hati
Di sini kita seperti melihat Giri versi cewek di cerita ‘Melepas Ranting Rindu’. Tetapi lebih puas karena dicerpen ini Kirane tahu mesti memilih siapa antara Ajie dan Josh :)
6.   Aku Memilih Sepi
Nyesek deh pas baca ini, akhir yang sepi memang sesuai judulnya. Jade yang menentukan pilihan atas Lukas.
7.   Lembah Kali Kuning
Masi bertema ‘naik gunung’ pertemuan dengan seseorang yang mengusik masa lalu membuat Mera terguncang dan dilemma dalam memilih antara Jonathan dan Geld. Alur yang maju mundur bikin bingung karena ga ada penanda khusus :(
8.   Ini Cavantina, Jo!
Cerpen favoritku! Dengan tema perjodohan orang tua yang sudah terkesan jadul tetapi selalu memikat hati :). Suka sekali sama Josh dan Seno, dan sangat berterima kasih sekali sama Jer yang ngambil keputusan tepat buat ga mengejar Seno :D
9.   Sejauh Perjalanan
Cerpen yang paling menyebalkan dan juga jadi favoritku! Jade yang lemah hati percaya begitu saja dengan ramalan sang Niko! Menyebalkan memang, hal ini juga yang membuat dia berpisah dengan Jati. Tapi tentu saja dengan ending yang manis, suka sekali :)
10. Anyelir Putih
Cerpen yang paling bikin bingung! Apa hubungan isi dengan judul? Apa akunya yang lemot? Hans yang tiba-tiba putus dengan Kenanga karena taruhan konyol. Dan dengan penyelesaian yang terbilang aneh dan kurang bikin aku puas. Dan kenapa pula nama Kenanga dipanggil Mega? xD
11. Camar Terakhir
Sedihhhhhhhhhhhh..... tapi cerita sedih yang dibikin ga menyedihkan. Favoritku juga walau dengan ending yang sudah tertebak dari awal. Tapi hubungan yang terjalin antara Samuel dan Bintang sangat menyentuh hati :)
12. Kidung Hutan Cemara
Cerpen penutup yang jadi favoritku juga! Ending yang manis antara R
adite dan Giri :D

Hey, sejak kapan aku mencintai kumcer? Aku sendiri kaget dengan kenyataan ini. Mungkin terpengaruh juga setelah membaca novel Satsuki Sensei entah kenapa aku jadi semangat walau bacaanku itu hanya kumcer dengan cerita pendek-pendek dengan ending menggantung—tentu saja. Setelah habis satu cerita aku ga terlalu uring-uringan dengan ending yang diberikan penulis. Dengan santai aku langsung menuju daftar isi memilih judul secara acak yang akan kubaca. Dan ternyata cara ini lumayan efektif karena aku menikmati pemilihan acak dari judul yang akan kubaca. Dalam hati kejutan apa lagi nih dari cerpen yang aku bakal baca. Baru kali ini aku menyadari nikmatnya membaca kumcer—kaget sendiri. Seperti yang kita tahu namanya juga cerpen pasti ceritanya juga dengan tema yang simpel karena memang disetting cepat tamat. Untuk segi isi cerita sudah kubahas di atas. Ada beberapa yang menggangguku selama membaca kumcer ini. Yang paling tidak aku mengerti ini tokoh-tokohnya nyambung ga sih? Ada beberapa nama yang sama di cerita lain, tetapi dengan peran berbeda pula. Jadi memang tidak dibuat saling berhubungan—sepertinya. Menurutku alangkah baiknya penulis memberi nama yang berbeda pada tokoh masing-masing cerpen—kalau memang tidak berhubungan. Aku yang sempat bingung merasa familier dengan nama sang tokoh harus kembali ke cerita sebelumnya untuk tahu keterhubungan masing-masing tokoh. Penulis juga sepertinya menyukai nama-nama yang unik terbukti dengan bertebarannya di tiap cerpen. Dan entah kenapa nama-nama unik sang penulis ga membuatku suka—pendapat pribadi yang ga beralasan jelas!xD. Jadi inget penulis lain yang suka memberi nama-nama unik untuk tiap tokoh novelnya :D. Untuk cetakan dari kumcer ini aku kurang puas karena banyak sekali typo yang kutemukan—hampir ditiap cerpen :(. Cetakan dengan tinta yang tipis pun kurang memuaskan mataku. Tapi sekali lagi aku sangat menikmati membaca kumcer ini. Ditambah dengan manisnya cover membuat mataku adem dengan melihat pohon cinta :D. Idenya patut diacungi dua jempol! Lucu banget covernya :)
Kumcer dengan cover lucu ini aku beri nilai 4 :)

Quotes yang aku sukai :)
Renjani hal 65
'Satu kali terjatuh adalah lebih dari sekadar cukup'

Renjani hal 67
'Aku memilihnya justru karena kupahami kekurangannya, sama seperti dia mengerti kelemahanku'

Tentang Penulis
 
394856_2455586394594_1400103746_31871285_280389861_n
Sanie B. Kuncoro adalah penulis yang berasal dari Surakarta dan telah menulis cerpen dan cerita bersambung sejak lebih dari 30 tahun lalu di belasan media massa nasional. Buku-buku Beliau yang telah terbit adalah Keping Kenangan (Ceritanet.com 2004), Kekasih Gelap (C Publishing 2006), Ma Yan (Bentang 2009), Mimpi Bayang Jingga (Bentang 2009), 24 Sauh (2009), Garis Perempuan (Bentang 2010), dan Memilikimu (Gagasmedia 2011). Kumcer Melepas Ranting Hati merupakan buku pertama dari penulis yang aku baca. Ingin mengenal lebih jau dan dekat silahkan kunjingi FB PENULIS :)


Yang lainnya
Ada yang menarik saat aku searching tentang kumcer ini, ternyata dari cover novel ini yang emang unyu-unyu banget dibuat Themes khusus bagi pengguna Blackberry. Walaupun aku ga punya BB tapi ga ada salahnya dong untuk melihatnya. Silahkan bagi teman-teman yang ingin mengunduh, bisa klik tautan ini YummyWord   :) Sebagai info jg aku ga tau bisa di unduh secara gratis atau tidak karena tautan hanya bisa diakses dengan menggunakan BlackBerry :)
Berikut penampakan screenshot-nya :)
Homescreenoncharge1-300x225Homescreen1-300x225Appscreen-300x225Menu1-300x225List-300x225Incomingcall-300x225

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com