Senin, 02 November 2020

[Review] Tiga Dunia

3

 


Tiga Dunia : Si Pencuri

Rama Nugraha

Penerbit Histeria

Tahun terbit 2017

Tebal  581 halaman

 


INI KISAH TENTANG NEENA. MANUSIA YANG MAMPU BERNAPAS DALAM AIR.

Datan Woudward berumur 7 tahun ketika dirinya bertemu Ana. Sosok yang kemunculannya seketika merobohkan seluruh pengunjung pasar malam. Ana ternyata seorang Royan. Pencuri dan pemunuh elit dunia.

Datan menyimpan obsesi sejak pertemuan itu. Dia ingin bertemu lagi dengan Ana, dan bercita-cita menjadi Royan. Ayah menentang sengit.

Di usia ke-22, Datan memilih meninggalkan rumah dan bergabung dengan Persaudaraan Royan. Dia mengemban tugas pertama mencuri Permata Zu yang misterius, dan membuatnya bertemu Nymeria.

Nymeria mencengkram kebebasan Datan.

Dia menginginkan sesuatu dari Datan.

Nymeria merampas hal paling berharga yang pernah Datan miliki.

 

******

 

Bola mata Datan mengecil dan alisnya bertaut. “Ayah akan melatihku?” Dia merasa telinganya salah dengar. “Ayah akan mendukungku menjadi Royan? Menjadi pembunuh?” (Datan – 22)

  

Sejujurnya jika aku adalah orangtua Datan, sungguh terasa ngilu mendengar perkataan Datan tersebut. Datan terlalu terobsesi pada Royan. Padahal untuk aku pribadi pertemuan awal Datan dengan salah satu anggota Royan kurang berkesan. Yah, mungkin karena Datan adalah seorang anak kecil yang merasa tindakan Ana begitu hebat bisa membuat warga sekampung tertidur. Oke, lah hal itu keren bagi anak kecil. Makanya Datan begitu terobsesi pada Ana.

Awalnya kupikir setelah pertemuan dengan Ana ini cerita berlanjut dengan diculiknya Datan oleh Ana untuk dijadikan pencuri. Oh ho, tebakanku meleset. Setelah pertemuan magis itu yang ada di pikiran Datan adalah aku harus masuk Persaudaan Royan. Aku ingin bertemu lagi dengan Ana. Titik. Harus apa pun terjadi. Walau keinginan Datan itu ditolak oleh seluruh keluarganya. Datan pantang menyerah. Kegigihan Datan ini berbuah manis ketika sang Ayah mau melatihnya.

Pelatihan demi tercapainya impian Datan bergabung dengan Persaudaraan Royan.

Pusat cerita pada buku ini adalah Datan. Datan yang terlalu bersemangat ingin sekali bergabung dengan Persaudaraan Royan. Aku sendiri pun sangat penasaran apa sih Persaudaraan Royan ini. Begitu misterius dan membuat Datan tergila-gila.

Yang agak mengecewakan adalah ketika Datan benar-benar mendaftar ke Persaudaraan Royan, aku masih heran ternyata ada jalur pendaftarannya, agak konyol proses Datan diterima Persaudaraan Royan ini. Apa ya, anti klimaks banget, kenapa harus semudah itu? Dan kok bisa Datan diterima hanya karena itu?

Bagian sebelum Datan menerima tugas pertamanya agak membosankan menurutku. Karena banyaknya istilah baru dan juga bermunculan banyak tokoh aku agak keteteran mengingat semuanya. Dan, ya mungkin lebih baik seandainya ada glosarium di halaman belakang. Agar memudahkan pembaca lupaan seperti saya.

Kemunculan gadis misterius yang mengganggu aksi pencurian pertama Datan inilah bagian yang sangat seru. Karena inilah klimaks cerita Dastan. Nymeria yang tanpa diharapkan Datan, pertemuan itu menjadi titik balik kehidupan Datan sampai akhir cerita. Kejutan yang sama sekali tidak diinginkan oleh Datan.

Ugh, dan aku lupa kalau buku ini adalah buku pertama yang ditulis oleh penulis. Dan, katanya masih belum tahu akan dibuat berapa buku. Well, jika ada kesempatan untuk membaca aku dengan senang hati mengambil tawaran itu. Karena yang aku bayangkan akhir buku ini adalah awal petualangan seru Datan.


3 komentar:

  1. Nice reviewnya jadi penasaran sama bukunya

    BalasHapus
  2. very interesting blog, nice information. your work is very excellent. Thank you for providing such a valuable information and thanks for sharing this matter.

    BalasHapus

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com