Selasa, 29 Januari 2013

'Seoul Cinderella'

1

Foto0348
Judul : Seoul Cinderella (Edisi Revisi dengan Penerbit yang Berbeda)
Pengarang : Lia Indra Andriana
Penerbit : Penerbit Haru
Halaman : 224 Halaman
Tahun Terbit : Cetakan I, September 2012
Kategori : Fiksi, Romance
Harga : Rp. 35.000,-
ISBN : 978-602-98325-8-7
Bisa dibeli di bukupediacom

Nia bermaksud mengadu nasib di negeri Korea dengan menjadi seorang TKI sayangnya hal itu tidak semudah apa yang dibayangkan Nia. Setelah sebulan tinggal di Korea tanpa pekerjaan yang jelas dikarenakan lembaga penyalur pekerjaannya di Korea terkena musibah Nia akhirnya mendapat pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga di rumah keluarga Lee Yu Hwa.
Masalah terjadi ketika sang Nyonya menyuruh Nia untuk tinggal bersama sang Lee Hyun Jun—adik majikan Nia—untuk membantu segala kebutuhannya. Walau Nia mengaku pandai memasak kenyataan Nia sama sekali tidak  memasak. Dimulailah adu argumen antara mereka berdua yang sama-sama keras kepala, sampai kemudian Nia mendapat kabar buruk tentang keluarganya yang di Indonesia dari temannya.

Kamis, 24 Januari 2013

'Blue Remembered Heels'

0

Foto0318
Judul : Blue Remembered Heels (Sepatu Biru Kenangan)

Pengarang : Nell Dixon

Penerjemah : Tisa Anggriani

Penerbit : M-Pop (Penerbit Matahati)

Halaman : 311 Halaman

Tahun Terbit : Cetakan I, Maret 2010

Kategori : Fiksi, Comedy Romance

Harga : Rp. 42.500,-

ISBN : 602962551-9

Abbey Gifford dan kakaknya, Charlie, adalah penipu yang gemar merampok pria kaya. Itulah yang mereka kerjakan sampai suatu ketika Abbey tersambar petir. Sejak itulah, Abbey mengalami ingatan kilas balik yang aneh. Sepasang sepatu biru kerap muncul dalam mimpinya. Parahnya lagi, dia jadi tidak bisa berbohong. Padahal, pekerjaan Abbey menuntutnya untuk terus-menerus berdusta. Lalu, ketika seorang detektif misterius yang tampan bernama Mike Flynn mulai mengajukan beberapa pertanyaan kepadanya, dia merasa seperti dijebak…

Dan jika Mike sampai tahu kenyataan kehidupan kriminal Abbey, mungkinkah Abbey akan menemukan kebahagiaannya?

 

Aku suka sekali sudut pandang orang pertama yang dipakai buku ini. Sudut pandang dari Abbey sang tokoh utama yang menurutku mempunyai sifat pasrah, blak-blakan, cuek, sinis walau hanya dalam hati dan tidak terlalu kaku membuatku sangat menyukai buku ini. Aku tidak menemukan kata-kata yang cocok menggambarkan sudut pandang yang dimaksud yang aku tahu cara Abbey bercerita mirip dengan tokoh Tansen di novel Madre dan Percy di novel Percy Jackson series. Gaya bahasa yang cenderung santai membuatku nyaman dalam mengikuti kisah Abbey. Buku ini berkisah Abbey dan kakaknya Charlie yang mempunyai profesi sebagai penipu. Selama ini pekerjaan mereka berjalan lancar hingga suatu hari Abbey yang tersambar petir menimbulkan keanehan didalam dirinya. Yaitu Abbey tidak bisa berbohong lagi. Tentu saja hal ini menjadi masalah besar karena sebagai penipu ga lucu dong kalau belum apa-apa membocorkan akal bulus mereka. Aku suka sekali ide cerita ini. Tokoh utama yang ga bisa bohong. Dari awal pun aku dibuat deg-degan dengan tingkah dua bersaudara ini ketika memulai aksi tipu menipu. Hingga sampai pada bagian Abbey yang ditanya malah dengan polosnya menjawab segala pertanyaan target dengan jujur. Nah konyol kan? Aku ga hentinya suka senyum-senyum sendiri kalau Abbey mulai ember dengan segala mulut ga bisa bohongnya xD. Cerita ga memulu tentang aksi tipu menipu mereka, kisah berlanjut ke bagian romens ketiga bersaudara. Iya, selain Abbey dan Charlie ada juga tokoh Kip sang adik yang mengidap autis sehingga Kip mempunyai keterbatasan dalam bersosialisasi. Awalnya aku sebel banget sama Kip. Dia ini untuk bocah berumur 17tahun sangat merepotkan dan selalu meminta hal yang aneh-aneh hingga aku sadar bahwa Kip menderita autis dan wajar bila hal itu yang terjadi. Masalah asmara mereka bertiga terancam pupus ketika Freddie—korban penipuan mereka—tidak terima dan malah mengejar Abbey dan Kakaknya. Nah Freddie ini agak kurang cepat bertindak menurutku karena digambarkan Freddie jauh lebih unggul dari mereka berdua masalah tipu menipu seakan-akan untuk memperlama cerita di buku ini. Tapi aku sangat menikmati kisah Abbey dan Mike walau terlalu banyak sekali kebetulan dan bagaimana cara Mike ‘memaafkan’ mereka yang too good to be true. Masalah Abbey yang tidak bisa bohong pun secara cuma ide sampingan yang sekedar muncul tanpa ada penjelasan lebih lanjut.

Aku selalu suka terjemahan dari penerbit matahati tetapi entah kenapa buku ini terlalu banyak typo dan aku yang mulai terbiasa dengan jenis kertas yang kuning merasa kaget dan kecewa ketika novel ini memakai jenis kertas buram/koran >,<

Well, buku ini cocok untuk jadi bacaan ringan yang bisa sekali dibaca, rekomendasi banget buat yang suka cerita berbau romens tentu saja.

Untuk konyolnya Abbey aku kasih nilai 3,5 :)

 

Tentang Penulis

Nell-dixon

Sumber : disini

Lahir dan tinggal di sebuah kota kecil di Inggris yang dikenal sebagai Black Country. Dari pernikahannya yang sudah berjalan 25 tahun dia memiliki 3 anak perempuan. Selain penulis, adalah sukarelawan kesehatan di daerah tempat tinggalnya. Dia pemenang RNA Romance Prize 2007 dan 2010. Penulis juga bisa dikunjungi di website pribadinya :)

 

'Honey Trap'

0

Foto0314
Judul : Honey Hunt (Perangkap Madu)

Pengarang : Julie Cohen

Penerjemah : Elli J. S.

Penerbit : Penerbit QWERTY (Penerbit Matahati)

Halaman : 419 Halaman

Tahun Terbit : Cetakan I, Oktober 2010

Kategori : Adult Fiction, Romance

Harga : Rp. 50.000,-

ISBN : 602-976040-8

 

Buku ini berkisah tentang Sophie yang mempunyai profesi sebagai detektif. Sophie sendiri pada awalnya tak pernah punya niatan untuk mengambil kasus tentang perselingkuhan. Karena banyaknya permintaan yang datang ke kantornya Sophie terpaksa mengambil kasus tersebut. Selama 7 tahun dalam menjalani profesinya Sophie merasa sudah cukup, merasa muak dengan segala kasus perselingkuhan yang dia hadapi. Sophie memutuskan untuk mengganti profesinya sebagai aromaterapis. Profesi barunya ini malah mempertemukan Sophie dengan Max, salah satu personil grup band aliran rock dan meminta Sophie menjadi aromaterapis bandnya. Dan masalah dimulai ketika Sophie bertemu dengan anggota band yang lain yang tanpa sengaja adalah korban pertama jebakan mautnya, Dominick.

 

Aku cukup menikmati kisah Sophie ini, jarang-jarang aku menemukan buku bertema detektif tapi ada unsur romensnya. Tapi ternyata hal-hal yang berbau detektif hanya awalnya saja. Karena tentu saja Sophie berganti profesi sehingga cerita pun berubah. Di awal cerita agak membosankan walau terhibur juga dengan aksi Sophie ketika menjalankan tugasnya. Aku merasa kasihan juga sama Sophie walau para klien meminta Sophie menyelidiki pasangan mereka yang diduga selingkuh dan pada akhirnya ketika kebenaran terkuak mereka malah marah dan menghujat Sophie. Malang sekali nasibmu Sophie xD. Novel ini berbau artis juga karena ada tokoh Dominick sebagai pemain band rock yang sedang menjalani tur kembalinya band Rock Max. Aku jadi disadarkan bagaimana kuatnya pesona anak band kepada fans-fansnya. Yah kalau di Indonesia mah macam Ariel yang walau uda kesandung kasus tapi fansnya masyaAllah banyaknya. Agak lebay memang tapi itulah yang terjadi bagi fans idola mereka adalah segala-galanya mau diapain ama idolanya ya malah makin menghamba. Itulah juga yang terjadi pada Dom, yang tinggal milih diantara banyaknya fansnya. Dan pada akhirnya membawa masalah dikehidupan perkawinannya kemudian terjerat oleh perangkap madu Sophie.

Pokoknya untuk penerbit matahati terjemahan mulus dan typo juga tidak ditemukan sama sekali. Sayangnya menurutku sedikit sekali cerita tentang hubungan Sophie dan Dom padahal aku pengin lebih dan ending-nya malah begitu saja. :’(

Sekedar bacaan ringan cocoklah, aku kasih nilai 3 :)

 

Tentang Penulis

B0bf88eab4570a22d17aef

sumber: disini

Adalah lulusan dari Brown University, AS, dan melanjutkan pendidikan pasca sarjana di Cambridge University dalam bidang sastra Inggris, dengan tesis mengenai fiksi anak. Saat ini penulis tinggal di Berkshire, Inggris bersama suami dan anak laki-lakinya. Dan berprofesi sebagai ibu rumah tangga sekaligus penulis purnawaktu kisah fiksi roman. Penulis bisa  dikunjungi di website Penulis yang mempunyai tampilan sangat manis :D Ini adalah cover asli dari novel ini

Honey-trap
Sumber : disini

 

Selasa, 22 Januari 2013

'What's In a Name Reading Challenge 2013'

0

Button-copy-2e2

Yey,,,,

Ikutan challenge lagi~~

Dengan ini aku jadi ikutan 3 challenge di tahun 2013. fufufufu. Nah kali ini juga challenge diadain di Blog RensLittleCorner aku ikut-ikut dulu lah kan ada setaun tuh waktunya, niatnya 1bulan 1 buku jadi aku pilih yang level 2 What's in a name. Dan lagi-lagi aku tertarik ikutan karna ada giveawaynya, hohohoho.

Bagi yang mau ikutan juga monggo dibaca syarat-syaratnya yang mudah banget :D

1. Durasi challenge adalah setahun. Mulai dari 1 Januari - 31 Desember 2013.
2. Buku yang dibaca, adalah buku dengan genre fiksi. Non fiksi seperti biografi, memoar, dll tidak dimasukkan.
New Rules : Komik dan Graphic Novel tidak diperbolehkan
3. Nama yang dipakai dalam judul, boleh nama lengkap, boleh nama panggilan sang tokoh, ataupun nama keluarga. Tapi tidak boleh nama sandi, samaran, nama organisasi/ kelompok ataupun nama hewan (Winnie the Pooh jelas g boleh ;) )
4. Boleh membaca baik edisi terjemahan atau edisi dalam bahasa aslinya. Re-read juga diperbolehkan. BTW, jika di edisi terjemahan tidak ada nama tokoh, sementara di judul asli ada, boleh dimasukkan. Begitu juga sebaliknya
5. Boleh digabung dengan reading challenge dari blog - blog lain.
6. Khusus untuk blogger, buat master post tentang event ini di blognya, dan pilih levelmu. Khusus bagi mereka yang tidak punya blog (hanya ada akun Goodreads, Tumblr, Google plus, atau Facebook) silakan menuliskan pilihan levelnya di kolom komentar di blog ini.
7. Level untuk event Reading Challenge ini adalah : 

- Level 1 : That's not My Name  (Baca 5 buku dengan nama tokoh di judulnya )

- Level 2 : What's in a Name  (Baca 10 buku dengan nama tokoh di judulnya)
- Level 3 : You Know My Name (Baca  15 buku dengan nama tokoh di judulnya)
- Level 4 : Crazy About Name (Baca 20 buku atau lebih dengan nama tokoh di judulnya)


Pilihlah level yang sesuai untukmu, dan disesuaikan dengan kecepatan baca tentunya. Peserta boleh menaikkan levelnya, jika mereka mengambil level 1-3 (tentunya dengan menyelesaikan level yang sebelumnya diambil terlebih dahulu).
8. Buku yang sudah selesai dibaca tidak wajib direview. 
9. Tidak perlu membuat list buku apa saja yang dibaca. Jika membuat list, diperbolehkan untuk mengganti judul buku jika dirasa kurang sesuai. 
10. Khusus untuk blogger,  posting button untuk event reading challenge ini di side blog kamu

11. Jika sudah menentukan level, daftarkan link kalian di linky di bawah ini. Berikut ini saya berikan petunjuk untuk beberapa akun dalam mendaftarkan linknya :
- Blogger : Ketikkan link post blog kalian di kolom url
- Goodreads : Buat shelf khusus challenge ini (untuk nama shelf bebas), lalu ketik link shelf nya di kolom url
- Tumblr : Buat post khusus untuk challenge ini, dan ketik link Tumblr kalian di kolom url
- Facebook : Buat notes khusus untuk challenge ini, dan ketik link notesnya di kolom url

Untuk Google + dan akun sosmed lain, saya kurang tahu. Jika ada yang belum jelas, jangan segan bertanya ya :)

12. Pendaftaran akan dibuka mulai dari sekarang. Dan saya membebaskan partisipan untuk mendaftar kapan saja. Tapi lebih baik kalau mendaftar segera, supaya ga ketinggalan ikut kuis yang saya adakan tiap bulan.
13. Untuk peserta, wajib mencantumkan email yang bisa dihubungi di kolom komentar di bawah ini. Karena nantinya akan saya pakai untuk mengirimkan update challenge :)

'New Authors Reading Challenge 2013'

0

Button-copy-3
AKHIRNYA saya ikutan juga Challenge ini, :D
Awalnya rada bingung mau ikutan atau engga, pas diliat-liat ternyata banyak juga buku-buku pengarang baru yang ada ditumpukan. Dan sekalian dapat hadiah juga ikut deh :D

Untuk permulaan saya ikutan yang lever easy aja dulu, judul buku tidak aku tuliskan takut berubah-rubah. Sekalian aja resensinya yang nongol di blog :)

Untuk yang lain kalau mau ikutan ini beberapa rule yang aku copas dari Mba Ren yang ngadain Reading Challange di Blog RensLittleCorner :

1. Durasi challenge adalah setahun. Mulai dari 1 Januari - 31 Desember 2013.
2. Buku yang dibaca, adalah buku fiksi. Yang tidak termasuk dalam kategori buku untuk challenge ini : komik, graphic novel, kumcer (anthology), novella (cerita pendek), dan buku non fiksi.

Note : Untuk mengetahui apakah buku yang dibaca termasuk full novel, jumlah halaman untuk buku yang dibaca harus lebih dari 200 halaman 

3. Buku yang dibaca harus dari pengarang yang benar - benar baru untuk para peserta. Tidak ada batasan buku diterbitkan tahun berapapun.
Sebagai contohnya seperti ini :
Kamu ingin membaca buku Lords of The Ring karya J.R.R. Tolkien untuk challenge ini. Jika sebelumnya kamu tidak pernah baca karya Tolkien, maka beliau adalah pengarang yang baru untukmu.
Sebaliknya jika pada tahun kemaren kamu sudah baca buku karangan Dee Lestari, dan tahun ini kamu membaca karya terbaru dia yang rilis 2013, maka bukunya tidak masuk dalam kategori.

4. Boleh membaca baik edisi terjemahan atau edisi dalam bahasa asli (bahasa Inggris, Jepang, etc)
5. Tidak boleh re-read (baca ulang)
6. Jika buku yang kamu baca adalah bagian dari serial, yang masuk dalam challenge ini hanya buku pertama dari seri itu. 
Contohnya : J.R.Ward adalah pengarang baru bagi kamu, dan kamu memutuskan untuk membaca buku pertama serial Black Dagger Brotherhood. Hanya buku pertama saja yang terhitung baru, buku selanjutnya tidak dimasukan. Jadi, satu pengarang, hanya boleh satu judul buku saja.
7. Boleh digabung dengan reading challenge dari blog - blog lain.
8. Khusus untuk blogger, buat master post tentang event ini di blognya. Khusus bagi mereka yang tidak punya blog (hanya ada akun Goodreads, Tumblr, Google plus, atau Facebook) silakan menuliskan pilihan levelnya di kolom komentar di blog ini.
9. Level untuk challenge ini adalah :
- Easy : 10 - 12 buku
- Middle : 12 - 20 buku
- Hard : 20 - 40 buku
- Maniac : > 40 buku

Naik level dibolehkan, jika peserta mengambil level Easy, Middle dan Hard.

10. Buku yang sudah selesai dibaca harus direview. Karena saya tidak tahu pengarang siapa saja yang tergolong baru untuk peserta, maka saya hanya bisa mengeceknya di review yang peserta tulis :). Review boleh bebas dimana saja (blog atau Goodreads)
11. Tidak perlu membuat list buku apa saja yang dibaca. Jika membuat list, diperbolehkan untuk mengganti judul buku jika dirasa kurang sesuai. 
12. Khusus untuk blogger,  posting button untuk event reading challenge ini di side blog kamu 

13.  Jika sudah menentukan level, daftarkan link kalian di linky di bawah ini. Berikut ini saya berikan petunjuk untuk beberapa akun dalam mendaftarkan linknya :
- Blogger : Ketikkan link post blog kalian di kolom url
- Goodreads : Buat shelf khusus challenge ini (untuk nama shelf bebas), lalu ketik link shelf nya di kolom url
- Tumblr : Buat post khusus untuk challenge ini, dan ketik link Tumblr kalian di kolom url
- Facebook : Buat notes khusus untuk challenge ini, dan ketik link notesnya di kolom url

14. Pendaftaran akan dibuka mulai dari sekarang. Dan saya membebaskan partisipan untuk mendaftar kapan saja. Tapi lebih baik kalau mendaftar segera, supaya ga ketinggalan ikut kuis yang saya adakan tiap bulan.
15. Untuk peserta, wajib mencantumkan email yang bisa dihubungi di kolom komentar di bawah ini. Karena nantinya akan saya pakai untuk mengirimkan update challenge :) 
16. Tiap bulan akan ada post update reading challenge, dan peserta wajib mendaftarkan link reviewnya di daftar linky yang ada di blog ini.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan ditulis di kolom komen. Saya juga akan mengupdate terus reading challenge ini tiap bulan. Dan yang paling asyik adalah akan ada GIVEAWAY tiap bulannya untuk mereka yang mengupdate dan berpartisipasi. Apa hadiahnya? Cek di bawah ini yuk :

MONTHLY GIVEAWAY 
 Untuk tiap peserta yang mengupdate progress reading challengenya per bulan, akan dipilih secara random untuk mendapatkan hadiah buku pilihan dengan nominal 50.000 rupiah.

GRAND PRIZE 

Ada dua kategori grand prize yaitu :

- Peserta yang pertama kali berhasil menyelesaikan challenge ini dengan mengambil level MANIAC, akan memenangkan hadiah buku pilihan dengan nominal 150.000 rupiah atau USD 15 (di bookdepository). Jika peserta yang berhasil lebih dari 1 orang, akan saya undi secara random.
- Peserta yang pada akhir tahun berhasil menyelesaikan buku dengan jumlah terbanyak (lebih dari 40 buku) dari semua peserta yang terdaftar, akan memenangkan hadiah buku pilihan dengan nominal 250.000 rupiah atau USD 25 !!

'Buku Baru Ilana Tan'

9

408495_10151455739834923_1441832496_n


UPDATE

Ok, dengan berat hati aku mengaku bahwa sampai detik ini, di tahun 2015 saya belum sempat memiliki buku Ilana Tan. Padahal saya mengaku sebagai penggemar tapi kok ya bukunya belum punya juga. Duh, aselinya pengin punya banget. Hanya saja butuh menyakinkan diri sendiri berkali-kali karena keraguan hati saya ini. Bukan novel tapi buku. Itu poin pentingnya. Membuat saya mikir lama sampai sudah 2 tahun terlewati setelah buku ini lahir :'(
Poto di bawah adalah beberapa isi buku Season To Remember yang saya ambil dari FP Ilana Tan, setidaknya mengobati rasa bersalah saya :') Dan akhirnya setelah penantian lama, akhirnya novel Ilana Tan akan terbit! Yey! More info di sini ya :)




------------------------------------------
Yup, ini adalah buku terbaru Ilana Tan, aku tidak mengatakan ini novel karena memang buku ini bukan berisi novel seperti karya Ilana Tan terdahulu. Buku ini hanya berisi kumpulan kutipan-kutipan dari novel empat musim Ilana Tan terdahulu. Aku pribadi lumayan kecewa, tentu saja karena aku mengharapkan novel bukan hanya kutipan-kutipan. Walau tentu saja harus kuakui pastinya kutipan-kutipan dari Ilana Tan manis-manis tapi entahlah agak malas untukku mengoleksi buku ini. Walaupun aku penasaran dengan isi buku ini. Yah, semoga ada seseorang yang baik hati mau memberi gratisan buatku #tetepjiwagratisan x))
Berikut ini yang Ilana Tan rasakan tentang buku terbarunya. Suka banget kata-kata Ilana Tan sederhana tapi manis :). Oia buku ini juga sangat tipis tapi harganya mahal banget. Karena nama besar Ilana Tan bukunya sampai mahal banget walau tipis :'(. Aku curiga bukunya memakai halaman warna tapi ga ada keterangan yang tertera, yah semoga saja. Mba Hetih yang jadi editor Ilana Tan juga bilang untuk novel masih ditulis Ilana Tan yang entah kapan akan selesai dan terbit. Aku masih setia menanti ko xD.

Pembaca yang baik,
Ketika pertama kali aku menulis Summer in Seoul, gagasan untuk membuat tetralogi sama sekali tidak terpikirkan olehku. Summer in Seoul, yang pada awalnya memiliki judul yang sama sekali berbeda, kutulis untuk diikutsertakan dalam lomba. Karena aku tidak menang (hiks...), aku membongkar dan merapikan kembali cerita itu, mencari judul yang lebih menarik (terus terang saja, judul awalnya sangat mengerikan), lalu mengirimkannya kepada Gramedia Pustaka Utama. Hasilnya? Summer in Seoul pun diterbitkan. Hore! Setelah itu, aku mulai memikirkan buku berikut. Dan Tara Dupont, yang pertama kali muncul di Summer in Seoul sebagai tokoh sampingan, terlihat seperti karakter yang menarik. Dia terkesan seperti seseorang yang punya banyak cerita. Jadi aku pun menghampirinya dan membiarkannya bercerita.  Ide untuk membuat tetralogi muncul setelah Autumn in Paris selesai ditulis. Saat itu aku berpikir, ”Karena sudah ada musim panas dan musim gugur, sebaiknya aku melanjutkan dengan musim dingin dan musim semi. Baiklah, sekarang apa yang harus kutulis untuk cerita musim dingin?” Langsung saja, Ishida Keiko melangkah maju dan bertanya apakah aku bersedia menulis cerita tentang dirinya. Aku tidak mungkin menolak kesempatan itu. Di tengah-tengah penulisan Winter in Tokyo, aku sadar bahwa setelah ini aku harus menelusuri kehidupan kembaran Keiko, Naomi, yang hanya pernah diungkit-ungkit namun tidak pernah terlihat. Banyaknya kemungkinan alur cerita yang bisa diberikan Naomi yang misterius menegaskan keputusanku untuk mengikutinya dan menulis kisah hidupnya. Masing-masing penulis memiliki cara tersendiri dalam menulis. Aku pun begitu. Aku tidak membuat rencana atau kerangka ketika menulis. Satu cerita hanya diawali satu ide sederhana, lalu aku menunggu ide itu berkembang dengan sendirinya. Aku mengamati ke mana alur cerita itu mengalir dan menulis mengikuti aliran itu. Aku tidak pernah menyuruh tokoh-tokohku melakukan tindakan tertentu atau mengucapkan kata-kata tertentu. Aku hanya menempatkan mereka dalam suatu keadaan, lalu melihat apa yang mereka lakukan dan apa yang akan mereka katakan. Karena ini kisah mereka, bukan kisahku. Gramedia Pustaka Utama-lah yang pertama kali memberikan ide untuk membuat journal ini, dan dengan journal ingin aku ingin mengajak kalian mengenang kembali setiap kisah dalam keempat musim itu. Kuharap kalian bisa menemukan kutipan kesukaan kalian dalam journal ini. Silakan menambahkan kesan-kesan kalian sendiri di setiap halamannya.

Akhir kata, aku ingin berterima kasih atas dukungan kalian selama ini. Kuharap kalian menikmati kisah setiap musimnya sebesar aku menikmati menulis setiap patah kata dalam setiap kisahnya.


~ Ilana Tan ~
Akan terbit 14 Februari 2013:
SEASONS TO REMEMBER
A Journal from 4 Seasons Tetralogy

.... Buku kutipan pilihan Ilana Tan dari Tetralogi 4 Musim ....
* Ukuran : 13.5 x 20 cm
* Tebal : 160 halaman
* Harga : Rp. 50.000,-
* Cover : Softcover
* ISBN : 978-979-22-9142-1



Sumber disini


Selasa, 08 Januari 2013

'Dr. Jekyll & Mr. Hyde'

0

Foto0205-horz
Judul : The Strange Case of  Dr. Jekyll & Mr. Hyde
Pengarang : Robert Louis Stevenson
Penerjemah : Nadya Andwiani
Editor : Andiek Kurniawan
Penerbit : PT. Tangga Pustaka
Halaman : 192 Halaman
Tahun Terbit : Cetakan I, November 2012
Kategori : Thriller, Fiksi, Klasik
Harga : Rp. 38.000,-
ISBN : 979-083-068-8

Novel ini berisi tentang rasa ingin tahu seorang pengacara terhadap klien sekaligus sahabat lamanya yang bernama Henry Jekyll. Adalah Mr. Utterson sang pengacara yang mempertanyakan surat wasiat yang dibuat oleh Dr. Jekyll. Mr. Utterson merasa bahwa surat wasiat yang ditulis oleh sahabat lamanya memiliki hal yang sangat tidak mendasar yaitu menyerahkan warisannya kepada Mr. Hyde yang sama sekali belum diketahui sosoknya oleh Mr. Utterson. Rasa penasaran yang begitu besar tidak membuat Mr. Utterson menyerah dan mempertanyakan kembali kepada Dr. Jekyll perihal surat wasiatnya. Nihil hasil yang didapat oleh Mr. Utterson menyebabkan dirinya menyerah hingga satu tahun kemudian kehebohan terjadi di kota London. Terjadilah kasus pembunuhan yang tanpa diduga Mr. Hyde menjadi tersangka utama. Dan tanpa diketahui alasannya dengan jelas entah mengapa Mr. Hyde sering kali terlihat berkeliaran di rumah Dr. Jekyll. Hal ini menyebabkan Mr. Utterson semakin bertanya-tanya mengenai hubungan diantara keduanya.

Awalnya aku pikir karena ada surat wasiat kupikir Dr. Jekyll sahabat Mr. Utterson ini sudah meninggal dan yang menjadi tersangka utama adalah Mr. Hyde. Ternyata semua duga prasangka saya dipatahkan semnejak halaman awal. Yah tentunya saya lumayan syok mengetahui ternyata sang tokoh Dr. Jekyll masih hidup dan sengaja membuat surat wasiat apabila terjadi sesautu terhadap dirinya sendiri. Aku sama halnya dengan Mr. Utterson dibuat bingung dan penasaran dengan segala sifat aneh dan tertutup Dr. Jekyll dari awal. Dan akupun sama gemasnya ingin tahu ada apa sih dengan dokter yang satu ini? Padahal sepertinya mereka berdua lumayan lama bersahabat tapi rasa-rasanya Dr. Jekyll ini sungguh orang yang berbelit-belit. Dan tanpa diduga aku dihadapkan pada kenyataan yang menyedihkan antara Dr. Jekyll dan Mr. Hyde. Merasa kasihan dan juga merasa tindakan mereka berdua sangat konyol. Terkadang manusia memang salah jalan dalam menempuh ke-eksistansi-an mereka. Mungkin hal ini lah yang terjadi pada Dr. Jekyll.
Karena ini novel terjemahan aku lumayan suka dengan terjemahan yang ada dibuku ini walau ada beberapa terjemahan yang menurutku agak konyol seperti penggunaan kata ‘ngalor-ngidul’ yang menurutku sangat merusak ke-klasikan buku ini. Yah maksudku masa sih para lelaki terhormat bakal menggunakan kata seperti itu. +_+
Tanpa sengaja saat gogling dan membaca resensi buku ini oleh Mba Melmarian disini bahwa memang karena ciri khas literatur klasik (terutama literatur yang ditulis dalam era Victoria) penjelasan yang digunakan sangat panjang-panjang dan terkesan berbelit-belit. Iya, memang itu yang terjadi cara Penulis menggabarkan keadaan malam aja berasa panjang banget. Sempet bikin aku bertanya-tanya juga tapi ternyata memang disitu letak keindahan karya klasik :)
Aku dibikin deg-degan dan penasaran tiap lembar yang kubaca dan sama sekali tidak menduga akhir yang diberikan oleh Penulis. Banyak renungan yang kudapat dari membaca novel ini. Novel ini lebih mengedepankan 2 sisi manusia antara baik dan jahat. Karena manusia mempunyai otak sudah seharusnya manusia dapat memahami antara hal yang baik dan jahat diantara dirinya. Aku sih lumayan ngerasa endingnya kurang se-paragraf lagi walau memang sudah dijabarkan secara mendetail. Cuma aku penasaran dengan nasib Mr. Utterson :D. Untuk yang suka novel klasik yang mempunyai genre misteri sangat cocok dikoleksi.
Oia aku aku suka banget konsep cover dari Penerbit Tangga. Apalagi pembatas bukunya suka banget! Iya deh ngaku aku emang norak kepincut covernya gara-gara pembatas bukunya. Hihihi. Ya pikirku tiap buku kan hanya dibonusin satu pembatas buku makanya jadi benda yang penting juga buat dikoleksi dan pembatas bukunya langsung aku patenkan dengan sampul buku. :D
Untuk keprihatinanku kepada Dr. Jekyll & Mr. Hyde aku beri nilai 3 :)

Tentang Penulis

Image-1
sumber : disini
Penulis adalah seorang sastrawan, novelis, penyair, esais, dan penulis perjalanan yang dilahirkan pada tanggal 13 November 1850. Novel Dr. Jekyll & Mr. Hyde ini ternyata ditulis hanya dalam waktu tiga hari. Anehnya, novel ini menjadi sebuah karya Penulis yang sangat sukses, diterjemahkan ke berbagai bahasa dan diadaptasi dalam bentuk drama, teater, dan film. Setidaknya, dalam kurun periode setidaknya dalam kurun waktu 1908-2010 novel ini sudah diproduksi lebih dari 40 film di berbagai negara, baik dalam cerita utuh, sebagian, maupun film baru yang sebenarnya mengembangkan atau turunan dari novel ini. (Sumber: Halaman akhir buku ini)

Senin, 07 Januari 2013

'Hallway'

1

8k7inq
sumber : disini
Judul : Hallway
Pengarang : Puti Andiyani
Editor : Muthia Esfand
Penerbit : Visimedia
Halaman : 152 Halaman
Tahun Terbit : Cetakan I, Januari 2012
Kategori : Remaja, Thriller, Fiksi
Harga : Rp. 23.000,-
ISBN : 979-065-144-9
Bisa dibeli di bukupediacom

Caesar, Amar, Valida, Boni, dan Alia sama sekali tidak menyangka bahwa reuni yang mereka lakukan selama berpisah selama bertahun-tahun dalah dengan menghadiri pemakaman mantan sahabatnya Meri. Mereka mengatakan bahwa Meri adalah mantan sahabatnya karena mereka merasa Meri sudah kelewat di amabang batas dengan keangkuhannya yang menjadikan mereka tidak bersama kembali.
Kematian Meri yang sama sekali tidak wajar yaitu dengan tewas mengenaskan di lorong sekolahnya menjadikan mereka berlima merasa was-was dan ketakutan siapa yang tega melakukan semua ini kepada mantan sahabatnya. Kepanikan mereka berlima semakin menjadi ketika satu persatu diantara mereka menyusul kematian Meri dengan sama mengenaskan.
Apa yang sebenarnya yang terjadi dengan? Siapa sebenarnya yang mengincar kematian mereka?

Novel ini berisi tentang pembalasan dendam masa lalu yang sama sekali tidak disangka oleh para korbannya. Hal ini memang sesuai dengan tagline novel yang berbunyi dosa masa lalu adalah bumerang bagimu’. Aku lumyan menikmati isi buku ini apalagi bagian-bagian pembunuhan yang dilakukan. Penulis tidak ragu-ragu dalam menggambarkan proses kematian sang korban dan lumayan sadis juga. Tapi aku yang memang suka sekali dengan genre misteri seperti novel ini merasa hambar dan biasa saja. Entahlah saya juga bingung apa yang menyebabkannya. Padahal Penulis cukup bisa menggambarkan detail yang ada tapi berasa kurang greget bacanya. Mungkin hal ini disebabkan oleh sedikitnya konflik yang ada, memang hal ini juga tidak dapat disalahkan melihat ketipisan novel ini. Dan terlalu fokus dengan tema balas dendam inilah yang memungkinkan kita merasa bosan karena toh kita bakalan tahu gimana ujung cerita sang korban yang tinggal menghitung jari kematiannya. Adanya tagline di depan cover pun menjadi kelemahan buku ini. Tanpa membaca buku ini pun pembaca pasti langsung tahu kalau buku ini berisi pembunuhan yang motifnya balas dendam. Entah kenapa aku jadi ingat film-film horor lokal yang banyak bermunculan di bioskop dengan tema sama yaitu hantunya balas dendam karena dia dibunuh. Kesalahan masa lalu kan.
Novel ini menggunakan alur maju tapi entah kenapa berasa lambat ketika aku membacanya. Aku pernah baca tapi lupa dimana kelemahan novel thriller itu terletak pada alurnya. Semakin cepat alurnya semakin bagus semakin lambat ya bikin orang bosen. Typo di buku ini juga hanya sedikit. Kebingunganku lagi adalah ga ada tokoh utama yang menonjol dalam buku ini malah aku bingung siapa tokoh utama dalam novel ini? Enam mantan sahabat itu? Atau pembunuh yang mengejar-ngejar mereka. Menurutku semuanya jadi terasa kabur karena Penulis lagi-lagi terlalu fokus dengan tema balas dendam.
Tapi untuk covernya duileh ciamik abis dah! Aku suka banget ama covernya. Background putih dengan katana berdarah-darah keren abis! Cocok dengan keseraman katana yang ada di novel ini. Sayangnya penerbit ga menyediakan bonus pembatas buku. Kalau bonus pembatas bukunya berbentuk pedang katana pasti tambah ciamik dah :D.
Intinya novel ini cocoklah untuk sekedar mengisi waktu dan ingin bacaan yang sekali baca langsung habis. Untuk yang ingin novel berisi pembunuhan kejam.
Well, untuk aku yang jadi pengan punya pedang katana aku kasih nilai 2,5 :)

Tentang Penulis
Dc1cc5df21962cc52d6c203fadc84177
sumber: disini
Penulis yang dilahirkan di Jakarta pada tanggal 28 November 1994 yang biasa dikenal cerewet selalu dikira senang menulis cerita romance padahal penulis lebih menyenangi film-film thriller. Saat
novel ini terbit penulis masi berstatus pelajar SMA Cahaya Madani Banten Boarding School. Penulis yang mengaku jatuh cinta pada karya-karya Dan Brown, Andrea Hirata, J. K. Rowling, dan Raditya Dika biasa dihubungi di @puteecanthropus dan tumblr: http://princessaputee.tumblr.com

Jumat, 04 Januari 2013

'Welcome 2013'

0

Yey!! Happy New Year 2013!!!

 

Wow...Tiba-tiba aja uda bulan Januari lagi #yakali Januari datang tiba tiba x). Alhamdulillah masih bisa dikasih kesempatan ketemu tahun 2013 dan hal ini juga mematahkan ramalan kiamat suku maya x). Suka duka tahun 2012 sudah terlewati sekarang tinggal mengisi tahun 2013 yang tentunya dengan hal-hal baik dan makin rajin baca buku. Tahun 2012 kemarin walaupun lumayan banyak baca buku tapi lebih banyak malas review lagi-lagi alasannya sepele keburu tergoda buku lain yang akhirnya malas buat review karena feelingnya uda ga semenggebu-gebu pas selesai baca. Moga aja tahun 2013 ini lebih rajin supaya blog bukuku ini ga merasa terabaikan. :D. Di tahun ini pun aku lumayan tersadar ternyata sudah 1 tahun lebih umur blog bukuku ini yang punya malah melupakan hehe. Untuk ukuran pemalas sepertiku ini bisa dikatakan sungguh beruntung bisa mempertahankan blog buku ini walau tentu saja masih banyak sekali kekurangan khususnya sedikitnya jumlah buku yang diresensi.

Banyak sekali sebenarnya buku-buku terbitan tahun kemaren yang aku suka tapi belum aku baca sederhana aja banyak yang dimau tapi duit ga ada. Hikz. Padahal kalau bisa pengennya pinjam aja sama temen/rental tapi sayangnya lagi-lagi tidak ada dukungan. Semoga tahun ini harus lebih baik. Bulan Januari ini tentu saja aku sudah menyiapkan bacaan dong. Walau dapat pinjam dari rental.

Foto0200
Iya ngaku deh aku lagi tergila-gila sama novel Harlequin makanya yang aku sewa novel Harlequin aja dan banyak komik yang tidak pernah terlupakan xD. Sampai aku merasa bosan mungkin bacaanku untuk sementara ini novel Harlequin terus x). Novel Harlequin ini bener-bener bikin candu, kalau ibarat komik, novel Harlequin itu seperti komik oneshot. Cerita yang lebih banyak happy ending, cerita yang romantis dan manis dengan bonus adegan-adegan 18+ x)). Untuk bacaan selain buku fiksi dari dulu samasekali belum mampu baca buku nonfiksi tetapi setelah dicoba dengan buku SkripsiKrezi ternyata buku nonfiksi model cerita komedi yang bikin ngakak ini lumayan cocok dengan selera saya. Tapi untuk nonfiksi tipe motivasi belum berani saya baca dan entah bisa dibilang beruntung/sial awal tahun dapat kiriman buku-buku ini.

Foto0203
To pengirim: Maafkan saya yang ga sopan :’( 

 

Semoga saya kuat bacanya. Sebenarnya bukannya saya anti buku motivasi cuma saya ini entah terlalu keras kepala atau apa wejangan-wejangan yang ada hanya aku baca sambil lalu dan bingung juga gimana mereview buku motivasi. Tapi agak terobati juga setelah dapat kiriman dari gila_buku dan penerbit visi media. Yey suka banget sama cover buku The Strange Case of  Dr.Jekyll & Mr. Hyde. Tengkyu so mach!! Kiriman buku ini bertema detektif semua, wow ga sabar buat segera membuka lembaran demi lembaran.

Foto0202
Oh iya tahun 2013 juga pertama kalinya aku ikut RC aka Reading Challenge! RC yang aku ikutin adalah Yoshikawa Reading Challange yang diadakan oleh Mas Tezar.

Yoshikawareadchall
Aku kurang tahu pendaftaran RC ini sampai kapan soalnya dipersyaratan tidak tertera, so untuk teman-teman yang ingin ikutan yuk baca dan daftar disini :). Untuk judul buku yang aku daftarin adalah Minamoto no Yoritomo. Semoga saya kuat bacanya. Walau selama ini suka sekali dengan hal-hal yang berbau dengan Jepang ternyata saya disadarkan bahwa selama ini belum pernah membaca buku terjemahan dari Jepang. Macam light novel mah pernah tapi buku setipis light novel belum bisa dikatakan novel seutuhnya! x)

Akhir kata, semoga tahun 2013 ini selalu membawa berkah untukku, cepet dapat kerja, makin rajin baca buku dan meresensinya, makin banyak dapat kiriman buku gratis, dan bisa segera memiliki novel teranyar aliaZalea dan Ilana Tan. Amin. :D

 

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com